Pusat Pelayanan:

9 Santri Pesantren Al Manar Ikuti Kompetisi KSMO Nasional

Wajib Baca

Hantarkan Banda Aceh Juara MTQ Ramadhan, 4 Santri Al Manar Dapat Hadiah Umrah

ALMANAR.PONPES.ID – Sukses menghantarkan Kota Banda Aceh menjadi juara umum pada ajang Musabaqah Tunas Ramadan (MTR) XX Gerakan Pramuka Kwartir...

Jelang Wisuda, Santri Kelas Akhir Pesantren Al Manar Dilatih Tajhiz Mayit

ALMANAR.PONPES.ID – Sebagai salah satu bekal untuk santri sebelum menjadi alumni yang siap terjun ke masyarakat, Pesantren modern Al Manar...

Sambut Harlah 20 Tahun, Pesantren Al Manar Adakan Lomba Desain Logo

ALMANAR.PONPES.ID –  Dalam rangka menyambut harlah ke 20 tahun, Pesantren Modern Al Manar menggelar lomba desain logo dengan total hadiah...

ALMANAR.PONPES.ID – Sebanyak 3 (Tiga) pelajar Madrasah Tsanawiyah dan 6 (Enam) pelajar Madrasah Aliyah Pesantren Modern Al Manar  mengikuti Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) ) Tingkat Nasional di Lab. Komputer Al Manar, Selasa (10/11/2020),  yang  dilaksanakan secara serentak di seluruh Kabupaten/Kota se Indonesia  oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama mulai 9-12 November 2020.

Kepala Madrasah Aliyah Pesantren Modern Al Manar, Ust. Putrayadi, S.Pd, mengatakan bahwa KSMO Ajang tahunan Kementerian Agama bertujuan untuk merekrut dan menjaring para siswa-i berprestasi yang dilaksanakan secara Daring/ Virtual melalui Aplikasi Zoom yang telah disiapkan oleh Kementerian Pusat, yang berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Kepala Madrasah Aliyah, Putrayadi, S.Pd saat memantau pelajar latihan KSMO

Adapun santri yang mengikuti KSMO tersebut sebagai berikut, Madrasah Tsanawiyah ; Abdi Dzil Ikram Cabang IPA, Mayyar Cabang Matematika, dan Yasmina Hilwa Cabang IPS. Sedangkan Madrasah Aliyah ; Ajeng Rana Zalila Cabang Geografi, Hazirah Bulqis Cabang Kimia, Mila Thahira Siregar Cabang Biologi, M. Safrul Azis Cabang Matematika, Preity Asyiva Laura Cabang Fisika, dan Sarah Syakirah Cabang Ekonomi.

Kepala Madrasah Tsanawiyah, Ust. Enri Maulidi, S.Pd, M.Ag  mengatakan, siswa yang dipilih untuk mengikuti ajang kompetisi ini merupakan hasil seleksi yang dilaksanakan oleh pihak madrasah dan telah mengikuti try out beberapa kali yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag Aceh, Mereka yang meraih nilai tertinggi  didaftarkan sebagai perwakilan madrasah pada kegiatan ini.

“Siswa yang terpilih ini telah digembleng melalui pembelajaran daring dan kita datangkan langsung guru privat baik itu dari guru dalam sendiri maupun dari guru luar, untuk menambah pengetahuan dan memperdalam materi KSM,” Ujar Ust. Enri Maulidi, S.Pd, M.Ag yang didampingi operator IT Ust. Sayuti, A.Md.Kom dan ust. Muhajir, Lc.  

Selain itu lanjutnya, walaupun kompetisinya online, pihak madrasah tetap menyiapkan segala keperluan untuk dipergunakan saat kompetisi baik itu mental dan ketrampilan menggunakan komputer, sehingga saat kompetisi tidak canggung menyelesaikan soal melalui media online itu.

Adapun pemenang lomba kompetisi sains madrasah online tingkat nasional ini akan diumumkan tanggal 19 November mendatang.

Pimpinan Pesantren, Tgk. Ikhram M. Amin saat memantau santri sedang try out KSMO

Sementara itu Pimpinan Pesantren Modern Al Manar, Tgk. Ikhram M. Amin, M.Pd berharap santrinyanya telah berusaha maksimal dalam menyelesaikan soal KSMO dengan maksimal, dirinya berharap diantara santri yang mengikuti kompetisi tersebut ada yang berhasil mencapai nilai sesuai standar nasional.

“Alhamdulillah anak-anak telah dibimbing dan telah berusaha, itu yang paling penting, adanya bimbingan oleh dewan guru, tidak sekedar mengikuti kompetisi, dan mereka telah melakukan yang terbaik, karena prinsip kita di pesantren, ujian untuk belajar bukan belajar untuk ujian, jadi kompetisi ini juga sebagai pembelajaran untuk santri” tutupnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Hantarkan Banda Aceh Juara MTQ Ramadhan, 4 Santri Al Manar Dapat Hadiah Umrah

ALMANAR.PONPES.ID – Sukses menghantarkan Kota Banda Aceh menjadi juara umum pada ajang Musabaqah Tunas Ramadan (MTR) XX Gerakan Pramuka Kwartir...
- Advertisement -

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini