Pusat Pelayanan:

Antisipasi Pohon Tumbang Musim Hujan, Berlin Al Manar Pangkas Pohon Rapuh

Wajib Baca

Besok, MTQ Ke-I Antar Konsulat Santri Pesantren Al Manar Mulai Digelar

ALMANAR.PONPES.ID – Sukses menghantarkan Kota Banda Aceh menjadi juara umum pada ajang Musabaqah Tunas Ramadan (MTR) XX Gerakan Pramuka Kwartir...

Santri Al Manar : Ustadz Fadhil Ahmadi, Guru Yang Murah Senyum

Pesan beliau yang sangat membekas bagi kami, beliau pernah menasehati kami, dan mengatakan “Sebesar apapun kesibukan kalian, jangan pernah lalaikan shalat kalian” dan satu lagi “Kamu adalah anak macan yang nantinya akan menjadi pembela umat,jangan pernah merendahkan diri dengan hal-hal yang tidak berkaitan dengan umat”.

Obituari : Ust. Fadhil Ahmadi, Guru Yang Tak Pernah Lelah

Beliau selalu berusaha menghadirkan jiwa raga beliau untuk Al Manar, beliau selalu menempatkan kepentingan umat diatas kepentingan pribadi. Hari-hari beliau lebih banyak dihabiskan di pesantren dari pada di rumah sendiri, di Cot Mentiwan.

ALMANAR.PONPES.ID – Bagian Kebersihan Lingkungan (Berlin) Pesantren Modern Al Manar meningkatkan kewaspadaan pohon tumbang memasuki musim penghujan dan angin badai seperti saat ini.

Upaya yang dilakukan dengan melakukan pemeliharaan dengan memangkas dahan pohon yang rawan tumbang hingga menebang pohon yang sudah mulai rapuh. kegiatan ini dilakukan semata-mata untuk menghindari hal yang membahayakan bagi santri, mengingat lingkungan Pesantren Modern Al Manar penuh dengan pepohonan yang rindang.

Tampak santri sedang membersihan sisa dedaunan dan dahan pohon |Foto by Ust. Zakaria

Kegiatan pemangkasan pohon dilakukan secara bersama pada Kamis (8/10/2020) oleh pekerja dari pihak luar pesantren, dewan guru hingga santri turut membersihkan sisa dedaunan dan dahan pohon.

Pemangkasan pohon dilakukan di beberapa lokasi, diantaranya ; di depan kantin, swalayan, di depan asrama santri putra dan putri dan di depan mesjid jami’ Al Manar.

Tampak pekerja tenaga ahli sedang memangkas dahan pohon | Foto by Ust. Zakaria

Kepala Bagian Perlengkapan dan  Kebersihan Lingkungan, Ust. Zakaria yang ditemui di lokasi oleh Jurnalis Santri Al ManarNews.ID menjelaskan kegiatan ini merupakan upaya pihak pesantren melindungi santri dari hal-hal yang membahayakan karena cuaca ekstrim saat ini, hujan disertai angin badai.

“Ini upaya pesantren melindungi santri, mengingat lingkungan pesantren kita banyak pepohonan, jadi mencegah jauh lebih baik, dan Alhamdulillah hari ini semua dewan guru dan santri turun bersama” ujarnya

pemangkasan pohon dilingkungan asrama santri | Foto by Ust. Zakaria

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa pihaknya juga bukan hanya menebang pohon yang sudah rapuh, Bagian Kebersihan Lingkungan Pesantren Modern Al Manar juga sudah mulai menyiapkan program penghijauan dengan menanam pohon di lokasi yang sama untuk menggantikan pohon yang sudah ditebang.

“Kita tetap menjaga lingkungan agar selalu hijau dan asri dengan tetap menanam pohon di lingkungan pesantren, mulai saat ini kita sudah mulai menyiapkan bibit dan sebahagian sudah mulai kita tanam kembali” tambahnya

 Selain itu, pihak pesantren juga mengingatkan wali santri yang berkunjung mengantar barang titipan untuk santri untuk tidak parkir kendaraan sembarangan, untuk menghindari parkir di bawah pohon yang rawan tumbang. Dan pihak pesantren akan terus memantau sejumlah pepohonan di lingkungan pesantren, memelihara dan memangkas pohon yang sudah mulai rapuh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Besok, MTQ Ke-I Antar Konsulat Santri Pesantren Al Manar Mulai Digelar

ALMANAR.PONPES.ID – Sukses menghantarkan Kota Banda Aceh menjadi juara umum pada ajang Musabaqah Tunas Ramadan (MTR) XX Gerakan Pramuka Kwartir...
- Advertisement -

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini