Pusat Pelayanan:

Apa itu kegiatan Khutbatul ‘Arsy?

Wajib Baca

Besok, MTQ Ke-I Antar Konsulat Santri Pesantren Al Manar Mulai Digelar

ALMANAR.PONPES.ID – Sukses menghantarkan Kota Banda Aceh menjadi juara umum pada ajang Musabaqah Tunas Ramadan (MTR) XX Gerakan Pramuka Kwartir...

Santri Al Manar : Ustadz Fadhil Ahmadi, Guru Yang Murah Senyum

Pesan beliau yang sangat membekas bagi kami, beliau pernah menasehati kami, dan mengatakan “Sebesar apapun kesibukan kalian, jangan pernah lalaikan shalat kalian” dan satu lagi “Kamu adalah anak macan yang nantinya akan menjadi pembela umat,jangan pernah merendahkan diri dengan hal-hal yang tidak berkaitan dengan umat”.

Obituari : Ust. Fadhil Ahmadi, Guru Yang Tak Pernah Lelah

Beliau selalu berusaha menghadirkan jiwa raga beliau untuk Al Manar, beliau selalu menempatkan kepentingan umat diatas kepentingan pribadi. Hari-hari beliau lebih banyak dihabiskan di pesantren dari pada di rumah sendiri, di Cot Mentiwan.

Pekan perkenalan adalah kegiatan mengenalkan pesantren kepada masyarakat pesantren baik masyarakat yang baru saja menghirup udara di pesantren maupun yang sudah lama, supaya mereka lebih mengenal kembali, memahami kembali dan menjiwai kembali jiwa-jiwa pesantren.

Porseni, salah satu acara dalam kegiatan khutbatul 'arsy
Porseni, salah satu acara dalam kegiatan khutbatul ‘arsy

Yang dalam kegiatan tersebut di isi salah satunya dengan Khutbatul Arsy, menurut istilah bahasa dari definisi tersebut adalah Khutbah yang dilaksanakan di atas langit, artinya yang berkhutbah di atas langit, yang mendengarkan di atas langit, kenapa? Karena yang disampaikan tentang nilai-nilai pesantren, jiwa-jiwa pesantren yang di dalamnya di dasari oleh Al-Qur’an dan Al-Hadits. Artinya, kegiatan ini sangat mulia, memberikan bekal kepada santri tentang kehidupan pesantren , arti perjuangan, arti kehidupan dan arti keilmuan.

Aneka lomba, salah satu kegiatan khutbatul 'arsy
Aneka lomba, salah satu kegiatan khutbatul ‘arsy

Mengenal dan memahami orientasi pesantren sangat penting bagi seluruh santri , pemahaman dan pengenalan tidak cukup sekali, tapi harus dilakukan berkali-kali guna mengingatkan semua pada khitah awal pendirian pesantren.

Dan kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun ajaran baru oleh pesatren-pesantren, khususnya pesantren modern, seperti Pesantren Darussalam Gontor.

Selamat mengikuti !

Sumber : baitul-arqom.ac.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Besok, MTQ Ke-I Antar Konsulat Santri Pesantren Al Manar Mulai Digelar

ALMANAR.PONPES.ID – Sukses menghantarkan Kota Banda Aceh menjadi juara umum pada ajang Musabaqah Tunas Ramadan (MTR) XX Gerakan Pramuka Kwartir...
- Advertisement -

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini