Pusat Pelayanan:

Begini Suasana Buka Puasa Ayyamul Bidh Santri Al Manar

Wajib Baca

Besok, MTQ Ke-I Antar Konsulat Santri Pesantren Al Manar Mulai Digelar

ALMANAR.PONPES.ID – Sukses menghantarkan Kota Banda Aceh menjadi juara umum pada ajang Musabaqah Tunas Ramadan (MTR) XX Gerakan Pramuka Kwartir...

Santri Al Manar : Ustadz Fadhil Ahmadi, Guru Yang Murah Senyum

Pesan beliau yang sangat membekas bagi kami, beliau pernah menasehati kami, dan mengatakan “Sebesar apapun kesibukan kalian, jangan pernah lalaikan shalat kalian” dan satu lagi “Kamu adalah anak macan yang nantinya akan menjadi pembela umat,jangan pernah merendahkan diri dengan hal-hal yang tidak berkaitan dengan umat”.

Obituari : Ust. Fadhil Ahmadi, Guru Yang Tak Pernah Lelah

Beliau selalu berusaha menghadirkan jiwa raga beliau untuk Al Manar, beliau selalu menempatkan kepentingan umat diatas kepentingan pribadi. Hari-hari beliau lebih banyak dihabiskan di pesantren dari pada di rumah sendiri, di Cot Mentiwan.

ALMANAR.PONPES.ID – Sabtu, (27/3/2021), seluruh santri dan dewan guru Pesantren Modern Al Manar melaksanakan puasa bersama Ayyamul Bidh.

Kegiatan buka puasa bersama dipusatkan di mesjid jami’ Haji Abdul Wahab Pesantren Modern Al Manar.

Menjelang ashar panitia buka puasa bersama dari Bagian Ta’mir Mesjid Al Manar sudah mulai bekerja bersama santri bagian tersebut mempersiapkan menu takjil, mulai dari minuman, kue basah dan kurma.

Sekitar pukul 18.00 WIB, di bawah hujan rintik-rintik seluruh santri sudah mulai berdatangan ke area mesjid sambil antri mengambil menu takjil  minuman dan makanan yang dibagikan oleh panitia.

Setiap santri mendapatkan satu gelas minuman dan sebungkus kue dan kurma yang sudah disediakan.

Para santri sangat antusias menunggu giliran masing-masing untuk mendapatkan menu takjil.

Selain dari menu takjil yang sudah disiapkan oleh panitia, para santri juga sebahagian besarnya juga membawa menu takjil sendiri yang diantar oleh orang tuanya masing-masing.

Setelah semua menu takjil dibagikan, para santri mulai masuk ke masjid dan duduk saling berhadapan dengan tertib. Santri putra di lantai bawah dan satri putri di lantai atas yang diarahkan oleh ustadz dan ustadzah.

Selain santri, dewan guru pengurus pun juga sudah mulai memasuki mesjid mengambil tempat duduk di sudut mesjid bagian belakang.

Menjelang waktu berbuka, pimpinan pesantren, Tgk. Ikhram M. Amin, M.Pd memberikan tausiah  terlebih dahulu.

Dalam tausiahnya, Ust. Ikhram menjelaskan mengenai keutamaan puasa sunnah Ayyamul Bidh, dan bagaimana kiat-kiat menghadapi bulan suci ramadhan.  

Selesai mendengarkan tausiah, waktu berbuka puasa pun tiba, seluruh santri mulai membatalkan puasa.

Setelah itu santri bergegas wudhu’ bagi yang sudah batal untuk menunaikan shalat magrib.

Usai shalat magrib santri langsung di arahkan untuk menikmati makan malam di dapur pesantren dengan menum semur ayam.

Pada malam ini, Ahad malam, (28/3/2021) seluruh santri dan dewan guru akan melaksanakan shalat tasbih di masjid jami’ Haji Abdul Wahab Pesantren Modern Al Manar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Besok, MTQ Ke-I Antar Konsulat Santri Pesantren Al Manar Mulai Digelar

ALMANAR.PONPES.ID – Sukses menghantarkan Kota Banda Aceh menjadi juara umum pada ajang Musabaqah Tunas Ramadan (MTR) XX Gerakan Pramuka Kwartir...
- Advertisement -

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini