Pusat Pelayanan:

Cerita Yasir Gunawan Puasa di Rusia, Alumni Pesantren Al Manar Mahasiwa S-2 Polytech

Wajib Baca

ALMANAR.PONPES.ID – Menjalani ibadah puasa di negeri orang memiliki tantangan tersendiri muslim asal Indonesia. Apalagi durasi puasanya lebih lama dibanding kampung halaman. Sebagaimana yang dijalani Yasir Gunawan, Alumni Pesantren Modern Al Manar yang sedang kuliah S-2 di Rusia.

Yasir bercerita dalam vlog kanal Youtubenya YASGUN, bahwa sejak melanjutkan pendidikan di jurusan Environemnet Engineering in Urban Construction pada Polytech University, St.Petersburg, Rusia, dia merasakan sebuah tantangan tersendiri untuk berpuasa, khususnya mengenai durasi puasa yang tergolong lama sekitar 17-18 jam, atau 6 jam lebih panjang dibandingkan di Indonesia.

Santri asal Lamlhom, Lhoknga ini menceritakan bahwa disana ia mulai bangun sahur sekitar pukul 03.14 dini hari dan berbuka sekitar pukul 20.35 malam hari.

Dalam vlognya yang diupload hari ini, Selasa, 26 Apr 2022, Yasir sedang bersiap menuju tempat berbuka puasa bersama dengan mahasiswa Indonesia lainnya di sekitaran St.Petersburg.

Dalam video tersebut, Yasir memperlihatkan suasana sekitar tempat ia berbuka puasa, yang terlihat normal,  aman-aman saja, walaupun sedang kisruh Rusia-Ukraina, dan cuacanya dalam keadaan sejuk atau musim dingin.

“ini jam 7 sore tapi masih cerah, tapi terasa tidak begitulah, tidak terasa lapar atau dahaga, karena disini cuacanya dingin, sejuk, sehingga terasa biasa-biasa aja” Ujarnya dalam vlog tersebut.

Sejak berada di Rusia sekitar 2 bulan yang lalu, Alumni Al Manar Angkatan Ke VII 2013 ini  sudah mulai sering mengupload video vlog sehari-harinya di Rusia. Melalui kanal youtubenya, Yasir menceritakan banyak hal mengenai kegiatannya sehari-sehari yang sering terlihat sering berkumpul dengan teman-teman mahasiswa Indonesia lainnya.

Mendapatkan Beasiswa Open Doors Russian Scholarship Project Association “Global Universities”

Untuk melanjutkan pendidikan S-2 di Rusia, Yasir Gunawan mendapatkan Beasiswa Open Doors Russian Scholarship Project Association “Global Universities. Namun, yang ditanggung hanya biaya pendidikan selama di Rusia, sedangkan biaya hidup Yasir harus menanggung sendiri atau mandiri.

International Olympiad Open Doors adalah ajang kompetisi sebagai bagian dari program beasiswa S2 dan S3 yang disediakan oleh Pemerintah Rusia melalui Kementerian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Federasi Rusia bekerjasama dengan Global Universities Association.

Saat ini, selain fokus menyelesaikan kuliah yang hampir selesai, Yasir juga mengambil kesempatan untuk berkerja disana. Sejak 2020, Yasir sudah mulai kuliah via daring, dan baru pada awal tahun 2022 mendapatkan kesempatan berangkat ke Rusia.

“Kuliah Alhamdulillah hampir selesai bang, ini semester akhir, gak masuk kelas lagi, makanya sekarang kerja fulltime, sambil mengisi luang waktu kuliah, saya kerja untuk lebih produktif dan menambah relasi dengan dunia international bang” Ujarnya melalui pesan WhatsApp kepada Kabag Humas Al Manar.

Yasir Gunawan saat menyambangi santri yatim Al Manar ketika mulai diterima kuliah di Rusia, Agustus, 2020

Bagi santri yang ingin menanyakan seputar dunia perkuliahan atau cara mengurus beasiswa kuliah di Rusia mungkin bisa mengikuti kegiatannya dan belangganan channel YouTubenya atau menghubunginya langsung via instagramnya https://www.instagram.com/yasgun3rjuna/.

#Uraaaa

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru

Pimpinan Pesantren Al Manar Gelar Turnamen Futsal Mudir Cup

Dalam rangka membentuk solidaritas dan keakraban sesama Dewan Guru , Pimpinan Pesantren Modern Al Manar, Tgk. Ikhram M. Amin,...
- Advertisement -spot_img

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini