Pusat Pelayanan:

Dosen Pengabdian EKP FEB USK Latih Santri Al Manar Produksi Sabun Cuci Piring

Wajib Baca

Besok, MTQ Ke-I Antar Konsulat Santri Pesantren Al Manar Mulai Digelar

ALMANAR.PONPES.ID – Sukses menghantarkan Kota Banda Aceh menjadi juara umum pada ajang Musabaqah Tunas Ramadan (MTR) XX Gerakan Pramuka Kwartir...

Santri Al Manar : Ustadz Fadhil Ahmadi, Guru Yang Murah Senyum

Pesan beliau yang sangat membekas bagi kami, beliau pernah menasehati kami, dan mengatakan “Sebesar apapun kesibukan kalian, jangan pernah lalaikan shalat kalian” dan satu lagi “Kamu adalah anak macan yang nantinya akan menjadi pembela umat,jangan pernah merendahkan diri dengan hal-hal yang tidak berkaitan dengan umat”.

Obituari : Ust. Fadhil Ahmadi, Guru Yang Tak Pernah Lelah

Beliau selalu berusaha menghadirkan jiwa raga beliau untuk Al Manar, beliau selalu menempatkan kepentingan umat diatas kepentingan pribadi. Hari-hari beliau lebih banyak dihabiskan di pesantren dari pada di rumah sendiri, di Cot Mentiwan.

ALMANAR.PONPES.ID – Tim Dosen Pengabdian Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Syiah Kuala melatih santri Pesantren Modern Al Manar dalam memproduksi sabun cuci piring yang ramah lingkungan, Sabtu,(30/1/2021).

Pelatihan memproduksi sabun cuci piring ini salah satu program yang terdapat dalam kegiatan pengabdian dosen Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis bekerjasama dengan tim ARC (Atsiri Research Center), Pusat Unggulan Iptek Nilam Universitas Syiah Kuala yang diikuti oleh santri Pesantren Modern Al Manar.

Adapun kegiatan pengabdian ini dibagi dalam beberapa kegiatan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, diantaranya: Pemaparan dan Pengenalan Jurusan Ekonomi Pembangunan; Peningkatan Nilai Ekonomi Sampah; Sosialisasi Protokol Kesehatan; Peningkatan Ekonomi Kreatif ;pembuatan vas bunga, dan Pembuatan Sabun Cuci Piring Ramah Lingkungan

Kegiatan ini merupakan bagian dari tanggung jawab universitas melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian.

Kegiatan pengabdian ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prof. Dr. Nasir, S.E.., M.B.A, didampingi oleh Pimpinan Pesantren Al Manar, Tgk. Ikhram M. Amin, M.Pd pada Jum’at, (15/1/2021) yang lalu turut dihadiri oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik Dr. Abd. Jamal, S.E., M.Si dan Wakil Dekan III Murkhana, S.E., M.B.A.

Selain itu, pembukaan ini juga diikuti Ketua Jurusan EKP, Dr. Muhammad Nasir, S.E., M.Si, M.A., Sekretaris Jurusan EKP, Dr. Putri Bintusy Syathi, S.E., M.A., Koordinator Program Studi EKP, Fakhruddin, S.E., M.S.E, Koordinator Program Studi Ekonomi Islam, Dr. Eddy Gunawan, M.Ec dan Koordinator Program Internasional, Talbani Farlian, S.E., Ak., M.A. juga seluruh dosen-dosen Jurusan EKP serta Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (HIMADIPA) dan Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam (IESA).

Ketua Kegiatan Panitia Pengabdian Jurusan EKP, Zulkifli, S.E., mengatakan bahwa kegiatan pengabdian ini rutin dilakukan oleh Jurusan EKP.

 “Kami berharap dalam pengabdian di Pesantren Modern Al-Manar ini dapat meningkatkan kemampuan kreativitas santriwan dan santriwati melalui berbagai program kreatif yang diberikan,” ujarnya

Sementara itu, Pimpinan Pesantren Modern Al Manar, Tgk. Ikhram M. Amin, M.Pd merasa bersyukur dan berterima kasih atas kepedulian Tim Dosen Pengabdian Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Syiah Kuala yang ikut berkontribusi mengabdikan ilmunya kepada pesantren, khususnya kepada santri.

“Ini merupakan pengabdian yang sangat bermanfaat bagi santri, memberi dampak yang luar biasa bagi santri, dapat meningkatkan pengetahuan mengenai peran perguruan tinggi, pengetahuan tentang pemilahan dan pemanfaatan sampah secara ekonomis, dan juga menambah soft skill santriwan/wati”  

“Semoga kedepannya kami dapat berkerjasama dengan jurusan ekonomi pembangunan FEB USK untuk melanjutkan produksi sabun cuci piring ini dan beberapa program lainnya” tutupnya.  

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Besok, MTQ Ke-I Antar Konsulat Santri Pesantren Al Manar Mulai Digelar

ALMANAR.PONPES.ID – Sukses menghantarkan Kota Banda Aceh menjadi juara umum pada ajang Musabaqah Tunas Ramadan (MTR) XX Gerakan Pramuka Kwartir...
- Advertisement -

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini