Pusat Pelayanan:

Jaga Kualitas Ujian, Bagian Pengajaran Periksa Materi Penguji Ujian Lisan

Wajib Baca

Hantarkan Banda Aceh Juara MTQ Ramadhan, 4 Santri Al Manar Dapat Hadiah Umrah

ALMANAR.PONPES.ID – Sukses menghantarkan Kota Banda Aceh menjadi juara umum pada ajang Musabaqah Tunas Ramadan (MTR) XX Gerakan Pramuka Kwartir...

Jelang Wisuda, Santri Kelas Akhir Pesantren Al Manar Dilatih Tajhiz Mayit

ALMANAR.PONPES.ID – Sebagai salah satu bekal untuk santri sebelum menjadi alumni yang siap terjun ke masyarakat, Pesantren modern Al Manar...

Sambut Harlah 20 Tahun, Pesantren Al Manar Adakan Lomba Desain Logo

ALMANAR.PONPES.ID –  Dalam rangka menyambut harlah ke 20 tahun, Pesantren Modern Al Manar menggelar lomba desain logo dengan total hadiah...

ALMANAR.PONPES.ID – Untuk menjaga kualitas ujian dan standar soal Ujian Syafahi, Bagian Pengajaran Pesantren Modern Al Manar menjadwalkan pemeriksaan materi ujian (tanqih i’dad) para penguji ujian syafahi (lisan) pada Rabu malam, (18/11/2020) di halaman mesjid jami’ Al Manar dan di kantor. Materi ujian lisan para penguji ini diperiksa langsung oleh guru supervisi yang telah ditunjuk sebelumnya oleh bagian pengajaran.

Untuk materi Bahasa Arab diperiksa langsung oleh Ust. Awaluddin, M.Pd, Bahasa Inggris oleh Ust. Fadhil Ahmadi, M.Ed dan untuk materi Fiqh diperiksa oleh Ust. Apendi, S.Pd. Dalam pemeriksaan tersebut, materi ujian para penguji akan dievaluasi dan dikoreksi jika terdapat kesalahan maupun kekurangan.

Pemeriksaan materi ujian (tanqih i’dad) ini merupakan salah satu prosedur pelaksanaan ujian di Pesantren Modern Al Manar yang dilaksanakan setiap semesternya menjelang ujian.

suasana belajar malam santri Pesantren Modern Al Manar

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya oleh pimpinan pesantren, Tgk. Ikhram M. Amin, M.Pd  dalam pengarahan para penguji ujian lisan pada Jum’at malam, (13/11/2020), bahwa para penguji sangat penting memahami cara menguji, cara menghadapi berbagai karakter santri dan kemampuan individual santri dalam memahami pertanyaan dan menguasai pelajaran.

Maka,  dengan adanya materi ujian yang telah disiapkan terlebih dahulu akan menjadi alat kontrol atau tolak ukur para penguji dalam menguji, menanyakan berbagai pertanyaan kepada santri, tidak asal-asalan, semuanya terukur dan mengarah pada kurikulum yang berlaku.

Selain itu, pertanyaan para penguji pun harus bervariasi, mulai dari mudah hingga level yang susah. Dengan harapan, jikapun ada santri yang tidak bisa menjawab atau kurang menguasai pelajaran, paling tidak ada beberapa soal yang mudah bisa dijawab oleh santri tersebut. Hal ini bertujuan untuk menjaga santri agar tidak merasa down setelah keluar dari ruang ujian.

suasana belajar malam santri Pesantren Modern Al Manar

Selanjutnya para penguji diharapkan agar tidak hanya sebatas menjadi penguji, tapi berperan penting lebih dari sekedar menguji, menjadi motivator dengan memberi nasehat dan arahan kepada santri setelah semua pertanyaan selesai ditanyakan, sehingga santri mendapatkan setruman semangat setelah keluar dari ruang ujian untuk lebih giat dalam belajar, agar lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian tulis setelah dievaluasi dan dinasehati oleh penguji.

Ujian lisan (syafahi) akan berlangsung mulai Sabtu, 21 November 2020 dan akan berakhir pada 29 November mendatang. Dalam menghadapi ujian, Bagian Pengajaran terus menggalakkan belajar malam terbimbing dan memperketat disiplin santri dalam belajar dengan mewajibkan santri membawa buku dalam setiap aktivitas.  

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Hantarkan Banda Aceh Juara MTQ Ramadhan, 4 Santri Al Manar Dapat Hadiah Umrah

ALMANAR.PONPES.ID – Sukses menghantarkan Kota Banda Aceh menjadi juara umum pada ajang Musabaqah Tunas Ramadan (MTR) XX Gerakan Pramuka Kwartir...
- Advertisement -

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini