Pusat Pelayanan:

Jelang Akhir Masa Kepengurusan, Organisasi Santri Al Manar Sampaikan LPJ

Wajib Baca

Sambut Harlah 20 Tahun, Pesantren Al Manar Adakan Lomba Desain Logo

ALMANAR.PONPES.ID –  Dalam rangka menyambut harlah ke 20 tahun, Pesantren Modern Al Manar menggelar lomba desain logo dengan total hadiah...

Begini Suasana Buka Puasa Ayyamul Bidh Santri Al Manar

ALMANAR.PONPES.ID – Sabtu, (27/3/2021), seluruh santri dan dewan guru Pesantren Modern Al Manar melaksanakan puasa bersama Ayyamul Bidh.Kegiatan buka puasa...

Syeikh Ahmad Taufiq Al-Hajj dari Palestina Kunjungi Pesantren Al Manar, Ini Pesan Beliau Untuk Santri

ALMANAR.PONPES.ID – Syekh Ahmad Taufiq Mahmoud Al Hajj, yang berasal dari Negara Palestina, Jum’at malam, (26/3/2021) mengunjungi Pesantren Modern Al...

ALMANAR.PONPES.ID – Organisasi Santri Pesantren Al Manar (OSPA) dan Koordinator Gerakan Pramuka periode 2020-2021 memasuki akhir masa kepengurusan terhitung Januari 2021.

Jelang akhir masa kepengurusan, seluruh bagian pengurus OSPA dan Gerakan Pramuka ini diwajibkan untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban (LPJ) di hadapan seluruh santri, dewan guru dan pimpinan pesantren, sebagai salah satu kewajiban bagi santri penggerak organisasi yang telah menjalankan amanah pesantren setahun penuh.

Baca Juga : Latih Santri Berdemokrasi, Pesantren Al Manar Adakan Pemilu Ketua Organisasi Santri 

Penyampaian laporan pertanggungjawaban (LPJ) berlangsung di aula pesantren setempat, yang OSPA putra pada Jum’at malam, (8/1/2021) dan yang OSPA putri pada, Sabtu (9/1/2021) yang diikuti oleh seluruh santri dan dewan guru pengurus.

Pimpinan pesantren, Tgk. Ikhram M. Amin, M.Pd dalam amanatnya menyampaikan kepada santri bahwa kegiatan LPJ ini merupakan pendidikan pertanggungjawaban santri setelah menunaikan kewajiban amanah pesantren.

“Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan diminta pertanggungjawabannya, satu rupiah pun uang yang kalian pegang harus kalian pertanggungjawabkan, hari ini kalian dilatih untuk menjadi pemimpin, siap dipimpin dan siap memimpin” Ujarnya.

Selain itu beliau juga mengingatkan kepada santri tentang pentingnya menjaga amanah, karena menurut beliau banyak kasus hari ini pimpinan daerah maupun pejabat, baik itu lokal maupun di tingkat nasional yang tersandung kasus korupsi karena tidak amanah, tidak berlaku jujur dalam menjalankan tugasnya.

“Organisasi santri ini sebagai wadah pendidikan untuk kalian, belajar mengorganisir sebuah kegiatan, menggerakkan sebuah miniatur kehidupan, yang kelak akan bermanfaat untuk kalian sebagai pemimpin masa depan”,Tambahnya.

Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) organisasi santri ini berisi gambaran aktivitas dari pelaksanaan program kerja dan laporan keuangan per bagian selama masa kerja setahun penuh yang disampaikan oleh kepala bagian masing-masing.

Adapun tujuan adanya LPJ ini sebagai pendidikan untuk santri layaknya sebuah organisasi atau lembaga pemerintahan, sebagai wujud transparansi pengelolaan dan pelaksanaan program kerja dan aktivitas selama menjadi pengurus organisasi santri.

Setelah kegiatan LPJ ini, selanjutnya adalah kegiatan pemilihan ketua organisasi baru dan diisi oleh pengurus baru, sedangkan santri kelas akhir yang menjabat sebagai kepala bagian periode sebelumnya akan difokuskan pada kegiatan belajar, penyelesaian hafalan Al-Qur’an, Praktek Mengajar (Amaliyah Tadris) dan kegiatan akademik lainnya jelang berakhir masa pendidikan selama 6 (enam) tahun.  

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Sambut Harlah 20 Tahun, Pesantren Al Manar Adakan Lomba Desain Logo

ALMANAR.PONPES.ID –  Dalam rangka menyambut harlah ke 20 tahun, Pesantren Modern Al Manar menggelar lomba desain logo dengan total hadiah...
- Advertisement -

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini