Pusat Pelayanan:

Kakanwil Kemenag Aceh Pimpin Apel Tahunan Pesantren Al Manar

Wajib Baca

ALMANAR.PONPES.ID – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh bertindak sebagai Pembina upacara pada Apel Tahunan Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy Pesantren Modern Al-Manar Tahun 2022. Pelaksanaan Apel  berlangsung secara khidmat di Lapangan Upacara Pesantren Modern Al-Manar, Aceh Besar, Ahad (21/8/2022).

Dalam amanatnya, Kakanwil Kemenag Aceh, Dr  H Iqbal SAg MAg menyampaikan rasa syukur dan ikut berbahagia atas terlaksananya kegiatan apel tahunan  Pesantren Modern Al-Manar dengan sangat luar biasa, tertib, rapi dan indah berskala nasional.

“Apresiasi yang luar biasa kami sampaikan kepada pimpinan pesantren, pengurus yayasan dan jajarannya. Kegiatan hari ini menjadi bukti bagi kita bersama bahwa pesantren Al-Manar memiliki SDM yang unggul dan hebat, serius dan sangat inovatif dalam menjalankan roda pendidikan kegamaan berbasis pondok pesantren  untuk terwujudnya kemandirian dan prestasi santri,” ucap Iqbal dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Ahad (21/8/2022).

Selain itu, kakanwil berharap kepada para santri Al-Manar agar bersyukur dan berbahagia telah Allah berikan kesempatan lulus dan dapat belajar di pesantren hebat tersebut.

“Jangan sia-siakan kesempatan.  Para santri harus yakin bahwa di luar sana sangat banyak orangtua dan teman sekerabat yang menginginkan anaknya memiliki kesempatan yang sama menuntut ilmu di Pesantren Al-Manar ini.  Makanya kepada semua santri ayo jadikan Al-Manar sebagai rumah prestasi, tempat mengasah kemampuan, mengumpulkan banyak prestasi, menyempurnakan skill yang sudah dimiliki, dan menambah kemampuan baru dan terus berjuang, bergerak menjadi lebih hebat ke depannya,” ujar Iqbal.

Di hadapan para wali santri, Iqbal juga menyampaikan bahwa fakta hari ini pesantren dan madrasah di Provinsi Aceh menjadi prioritas dan pilihan utama bagi semua kalangan sebagai tempat pendidikan agama anaknya. Bahkan madrasah dan pondok pesantren banyak yang tidak bisa menampung keinginan dari wali santri. 

“Makanya, kepada para wali santri kami harapkan agar ikhlas dalam mengantarkan anaknya ke pesantren, dengan cara mendukung dan ikut mengawasi dan ikut bertanggung jawab dalam pengembangan pendidikan para santrinya. Demi terwujudnya kaderisasi yg hebat. Mereka nantinya yang akan menjadi estafet bangsa ini. Akan bagaimana Aceh dan Indonesia di masa yang akan datang sangat ditentukan oleh generasi kita saat ini,” tutup Iqbal.

Sementara itu, Ustadz  Ikhram M  Amin MPd sebagai pimpinan Pesantren Modern Al-Manar menyampaikan terima kasih dan rasa bahagia atas kehadiran Kakanwil Kemenag Aceh dan tamu undangan serta para wali santri.

Apel tahunan tersebut juga diwarnai dengan suguhan ketrampilan dan kesenian yang ada di Pesantren Modern Al-Manar.  Para santri tampil memukau di hadapan undangan maupun masyarakat yang hadir. 

Tonton Videonya :

Adapun hiburan yang ditampilkan di antaranya, ranup lampuan;  penampilan grand opening;  tari masal Sanggar Bungong Jeumpa; penampilan Pasukan Khusus Gerakan Pramuka Pesantren;  marching band dan persatuan silat sebagai penampilan terakhir.

Turut berhadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPR Aceh, Perwakilan Kepala Dinas Dayah Aceh, Kepala Biro AUPK UIN Ar-Raniry, Kabid PD Pontren Kanwil kemenag Aceh, Kakankemenag Aceh Besar, Kakankemenag Banda Aceh, Ketua Yayasan, Kwartir Daerah Aceh, Muspika Kec. Krueng Barona Jaya, wali santri dan tamu undangan lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru

Pimpinan Pesantren Al Manar Gelar Turnamen Futsal Mudir Cup

Dalam rangka membentuk solidaritas dan keakraban sesama Dewan Guru , Pimpinan Pesantren Modern Al Manar, Tgk. Ikhram M. Amin,...
- Advertisement -spot_img

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini