Pusat Pelayanan:

KH Abdullah Syukri Zarkasyi Berpulang, Keluarga Besar Pesantren Al Manar Ucapkan Belasungkawa

Wajib Baca

Santri Al Manar Raih Juara Satu Cabang Fahmil Quran di Festival PAI

ALMANAR.PONPES.ID – Santri Pesantren Modern Al Manar berhasil meraih juara satu cabang Fahmil Quran pada Festival PAI(Pendidikan Agama Islam) di Universitas...

Santri Pesantren Al Manar Antusias Mengikuti Vaksinasi

ALMANAR.PONPES.ID – Selasa, 28 september 2021, Pesantren Modern Al Manar menggelar vaksinasi covid-19, untuk santri dan dewan guru di aula pesantren...

Santri Akhir Pesantren Al Manar Ikuti Ujian TOEFL dan TOAFL

ALMANAR.PONPES.ID – Bagian Bahasa Pesantren Modern Al Manar mengadakan ujian TOEFL (Test Of English Foregent Language) dan TOAFL (Test Of Arabic...

ALMANAR.PONPES.ID – Duka mendalam menyelimuti keluarga besar Pondok Modern Darussalam Gontor di Ponorogo. Ayahanda Dr KH Abdullah Syukri Zarkasyi, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, tutup usia, berpulang ke rahmatullah pada Rabu 21 Oktober 2020, pukul 15.50 di rumah Gontor. Pada 2012 Kyai Syukri terkena serangan stroke dan semenjak saat itu beliau beberapa kali menjalani perawatan intensif.

Pimpinan Pesantren Modern Al Manar, Tgk. Ikhram M. Amin, M.Pd mewakili seluruh keluarga besar Pesantren Modern Al Manar menyampaikan ucapan belasungkawa atas berpulangnya salah satu tokoh besar pesantren di Indonesia, Dr KH Abdullah Syukri Zarkasyi, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor.

“Inna lillahi wa innaa ilaihi rajiuun, Duka mendalam kami atas wafatnya Guru kita Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, kami keluarga besar Pesantren Al Manar akan selalu mendoakan beliau, semoga almarhum husnul khatimah, Amin” ujarnya

“Banyak jasa amal jariyah beliau untuk bangsa ini, khususnya untuk pendidikan pesantren, kiprah dan pemikiran beliau selalu terpatri pada jiwa kami, “pesantren adalah lautan perjuangan dan keikhlasan, maka kalian harus menjaga keikhlasan dan semangat juang kalian” itu salah satu petuah beliau” tambahnya.

Untuk mendoakan Alm. Kyai Syukri, besok seluruh santri Pesantren Modern Al Manar dijadwalkan akan melaksanakan shalat ghaib di masjid jami’ Al Manar dan doa bersama untuk almarhum. 

in memoriam Alm. Dr KH Abdullah Syukri Zarkasyi saat mengunjungi Pesantren Modern Al Manar

Sebagai informasi, Alm. Dr KH Abdullah Syukri Zarkasyi pernah datang mengunjungi Pesantren Modern Al Manar pasca tsunami tahun 2005, beliau datang dan memotivasi dewan  guru untuk terus berjuang mendidik dan mengembangkan pesantren. Saat itu, pimpinan pesantren masih dijabat oleh Ust. Syarifuddin sebagai pimpinan harian dan Ust. Fakhruddin Lahmuddin sebagai pimpinan umum.

Sebagai pesantren yang dikelola oleh alumni Gontor, Pesantren Modern Al Manar tidak terlepas dari nilai-nilai pendidikan Gontor, mulai dari kurikulumnya hingga kegiatan hariannya, hampir semua kegiatan dan sistemnya berkiblat ke Gontor.

Ust. Syarifuddin, Pimpinan Pesantren Al Manar perdanaan saat menerima kunjungan Alm. Dr KH Abdullah Syukri Zarkasyi

Maka untuk meneruskan nilai falsafah Gontori, Pesantren Modern Al Manar sejak dulu setiap tahunnya menerima guru pengabdian dari Gontor, bahkan di akhir tahun 2019 yang lalu dewan guru Pesantren Modern Al Manar juga sempat mengunjungi Pondok Modern Darussalam Gontor di Jawa Timur untuk menguatkan silaturahmi dengan Gontor. Selain Alm. Dr KH Abdullah Syukri Zarkasyi, KH. Hasan Abdullah Sahal juga pernah beberapa kali mengunjungi Pesantren Modern Al Manar.

Dewan Guru Al Manar saat melakukan study tour ke Pondok Modern Gontor

Profil Singkat

Inna lillahi wa innaa ilaihi rajiuun. Ayahanda Dr KH Abdullah Syukri Zarkasyi, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, tutup usia, berpulang ke rahmatullah pada Rabu 21 Oktober 2020, pukul 15.50.

Beliau lahir di Gontor pada tanggal 19 September 1942. Beliau adalah Putra pertama dari KH. Imam Zarkasyi salah seorang Trimurti Pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor.

Riwayat Pendidikan

Menamatkan Sekolah Dasar di desa Gontor pada tahun 1954. Setelah menamatkan Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor pada tahun 1960 melanjutkan studi di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta hingga mendapatkan gelar Sarjana Muda tahun 1965.

Adapun gelar Lc. didapat dari Al Azhar University Kairo, Mesir pada tahun 1976. Kemudian melanjutkan studi di lembaga yang sama hingga meraih gelar MA. pada tahun 1978, dan gelar Doctor Honoris Causa pada 2005 dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pengalaman Organisasi

1. Pengurus HMI Cabang Ciputat – Jakarta (1964)

2. Pengurus HPPI (Pelajar Islam) Cairo (1971)

3. Pengurus PPI Den Hag – Belanda (1975)

4. Pimpinan Pondok Modern Gontor (1985 – sekarang)

5. Ketua Majlis Ulama Indonesia Kab. Ponorogo.

6. Ketua Badan Silaturrahmi Pondok Pesantren Jawa Timur (1999 – sekarang)

7. Ketua Forum Silaturrahmi Umat Islam Ponorogo (1999 – sekarang)

8. Ketua MP3A Depag (Majlis Pertimbangan Pendidikan dan Pengajaran Agama (1999 – sekarang)

9. Dewan Penasehat MUI Pusat.

Pengalaman ke Luar Negeri

  • Tour ke Belgia – Jerman – Perancis (1975)
  • International Visit Program ke Amerika Serikat selama 1 bulan (1986)
  • London (1986).
  • Seminar Bahasa Arab di Brunei Darussalam pada tahun 1989.
  • Comparative Study ke Pakistan pada tahun 1991 dan 2000.
  • Study Tour ke Thailand bersama 20 guru Gontor (1997).
  • Aligarh University India (1999).
  • Kunjungan ke Malaysia, Universitas Antar Bangsa (IIU).

Karya Tulis:

  • Pokok-Pokok Pikiran untuk Perubahan Pendidikan Nasional
  • Refleksi dan Rekonstruksi Pendidikan Islam: Model Pendidikan Pesantren Ala Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo
  • Menggali Sumber Keuangan Madrasah : Strategi dan Teknik
  • Pengelolaan Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo
  • Pengelolaan Pendidikan dan Pengajaran di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo
  • Pola Pendidikan Pesantren Sebuah Alternatif
  • Strategi dan Pola Manajemen Pendidikan Pesantren
  • Optimalisasi Peran Sektor Pendidikan dalam Pengembangan Ekonomi Islam di Indonesia
  • Etika Bisnis dalam Islam dan Relevansinya Bagi Aktivitas Bisnis di Dunia Pendidikan Pesantren: Studi Kasus Pondok Modern Darussalam Gontor
  • Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Modern Gontor
  • Optimalisasi Peran Sektor Pendidikan dalam Pengembangan Ekonomi Islam di Indonesia: Pengalaman Pondok Modern Darussalam Gontor
  • Pendidikan Pesantren di Era Modern
  • Peran Agama dan Budaya Islam dalam Mendorong Perkembangan Iptek: Iptek di Pondok Modern Darussalam Gontor

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Santri Al Manar Raih Juara Satu Cabang Fahmil Quran di Festival PAI

ALMANAR.PONPES.ID – Santri Pesantren Modern Al Manar berhasil meraih juara satu cabang Fahmil Quran pada Festival PAI(Pendidikan Agama Islam) di Universitas...
- Advertisement -

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini