Pusat Pelayanan:

Latih Santri Berdemokrasi, Pesantren Al Manar Adakan Pemilu Ketua Organisasi Santri 

Wajib Baca

Besok, MTQ Ke-I Antar Konsulat Santri Pesantren Al Manar Mulai Digelar

ALMANAR.PONPES.ID – Sukses menghantarkan Kota Banda Aceh menjadi juara umum pada ajang Musabaqah Tunas Ramadan (MTR) XX Gerakan Pramuka Kwartir...

Santri Al Manar : Ustadz Fadhil Ahmadi, Guru Yang Murah Senyum

Pesan beliau yang sangat membekas bagi kami, beliau pernah menasehati kami, dan mengatakan “Sebesar apapun kesibukan kalian, jangan pernah lalaikan shalat kalian” dan satu lagi “Kamu adalah anak macan yang nantinya akan menjadi pembela umat,jangan pernah merendahkan diri dengan hal-hal yang tidak berkaitan dengan umat”.

Obituari : Ust. Fadhil Ahmadi, Guru Yang Tak Pernah Lelah

Beliau selalu berusaha menghadirkan jiwa raga beliau untuk Al Manar, beliau selalu menempatkan kepentingan umat diatas kepentingan pribadi. Hari-hari beliau lebih banyak dihabiskan di pesantren dari pada di rumah sendiri, di Cot Mentiwan.

ALMANAR.PONPES.ID – Bagian Pengasuhan Santri Pesantren Modern Al Manar melaksanakan Debat Terbuka Calon Kandidat Calon Ketua Organisasi Santri Pesantren Al Manar (OSPA) dan Koordinator Gerakan Pramuka untuk periode 2020/2021.

Pasangan calon Ketua OSPA & Koordinator Gerakan Pramuka Putra dilaksanakan pada Jum’at (10/1/2020) di Aula Gedung Serba Guna dan sedangkan  Pasangan Calon Ketua OSPA & Koordinator Gerakan Pramuka Putri dilaksanakan pada Sabtu, (11/1/2020) di tempat yang sama. 

Masing-masing paslon yang terdiri dari 2 paslon OSPA & Koordinator Gerakan Pramuka Putra dan Putri menyampaikan visi misi di hadapan seluruh santri dan dewan guru. 

Debat Kandidat Paslon OSPA & Koordinator Putri


Kegiatan debat tersebut terbagi dalam empat sesi. Sesi pertama adalah penyampaian visi dan misi oleh masing-masing kandidat calon Ketua OSPA maupun Koordinator Gerakan Pramuka. Pada sesi kedua, masing-masing kandidat menjawab pertanyaan yang berkenaan dengan disiplin. Di sesi ketiga, masing-masing kandidat menjawab pertanyaan yang berkenaan dengan ibadah. Kemudian sesi terakhir yaitu masing-masing kandidat menjawab pertanyaan yang berkenaan dengan bahasa, yang mana setiap kandidat diwajibkan untuk menjawabnya dalam bahasa resmi yaitu Arab dan Inggris.

Di setiap sesi kandidat hanya diberikan waktu maksimal 2 menit untuk menjawab. Adapun pertanyaan yang diajukan kepada panelis sebelumnya telah di musyawarahkan oleh tim pembuat soal.

Para santri sangat antusias mengikuti kegiatan  debat tersebut. Mendengarkan dengan seksama orasi yang disampaikan masing-masing kandidat, serta saling bersemangat untuk mendukung kandidat pilihannya. 

Santri melakukan pemungutan suara


Kepala Bagian Pengasuhan Santri, Ust, Nurul Fahmi, S.Pd.I mengatalkan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya seiring habisnya masa jabatan kepengurusan OSPA & Koordinator Gerakan Pramuka sebelumnya. Selain itu, kegiatan ini merupakan pendidikan kepemimpinan kepada santri, khususnya santri tingkat Aliyah. 
” Ini merupakan pendidikan yang mahal bagi santri, pendidikan kepemimpinan, semua santri harus siap dipimpin dan harus siap memimpin, dan inilah waktunya mereka belajar memimpin adik-adik kelasnya yang dibimbing oleh dewan guru penanggung jawab masing-masing” ujarnya

“selain itu, ini juga merupakan pesta demokrasi ala santri, pemilunya ala pesantren, setiap santri bebas memberi suara terhadap calon yang dijagokannya, namun, tidak sepenuhnya hasilnya berdasarkan suara seluruh santri, juga hasilnya diputuskan berdasarkan penilaian dewan guru dan pimpinan pesantren, inilah demokrasi ala pesantren” tutupnya.

Paslon Ketua OSPA & Koordinator Gerakan Pramuka 2020/2021

Setelah selesai penyampaian visi misi dan menjawab sejumlah pertanyaan dari panelis, seluruh santri melakukan pemungutan suara, dan hasilnya akan dimusyawarahkan bersama dewan guru dan pimpinan menentukan hasil akhir siapa kandidat yang akan terpilih. 


Adapun kegiatan selanjutnya adalah Laporan Pertanggung  Jawaban (LPJ) pengurus sebelumnya, kemudian dilanjutkan dengan pelantikan pengurus baru, hingga di akhiri dengan sidang pleno dan paripurna pengurus OSPA & Koordinator Gerakan Pramuka masa jabatan 2020/2021 dan ditutup dengan kegiatan pendadaran seluruh pengurus. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Besok, MTQ Ke-I Antar Konsulat Santri Pesantren Al Manar Mulai Digelar

ALMANAR.PONPES.ID – Sukses menghantarkan Kota Banda Aceh menjadi juara umum pada ajang Musabaqah Tunas Ramadan (MTR) XX Gerakan Pramuka Kwartir...
- Advertisement -

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini