Pusat Pelayanan:

Latihan Pramuka Mingguan Pesantren Al Manar Dibuka

Wajib Baca

ALMANAR.PONPES.ID – Latihan wajib pramuka mingguan Pesantren Modern Al-Manar  tahun ajaran 2021 / 2022 resmi dibuka pada hari Minggu siang (5/9/2021), di lapangan utama pesantren setempat, Lampermai, Cot Irie, Krueng Barona Jaya, Aceh besar.

Latihan ini bertujuan untuk melatih para santri supaya berdisiplin dalam berbagai bidang, seperti yang tertera pada Dasa Dharma kesepuluh “Suci dalam pikiran, perkataan, perbuatan,” para kader pramuka harus melakukan perbuatan dan amal kebajikan sesuai syariat islam. Salah satu disiplin yang paling sederhana adalah memakai semua peralatan pramuka dengan lengkap.

 “Para santri harus dididik untuk menjadi kader umat dan para santri tidak cuma mempelajari satu bidang, dalam pramuka inilah  para santri mempelajari apa yang belum mereka ketahui, menambah pengalaman baru, sehingga santri nantinya dapat berdisplin dalam berbagai hal,” ujar kak Ikhram selaku mabikori gugus depan 15-005 – 15-006.

Latihan kepramukaan mingguan ini dibagi menjadi beberapa kelompok diantaranya Sulthan Malik Al-shaleh(SMS), Tueku Umar(TU), Tueku Chik Ditiro, (TCDT), Cut Meutia, Ratu Safiatuddin, Cut Nyak Dhien. Terdapat juga pasukan inti koordinator kepramukaan yang dinamai Pasukan Scorpion (pascor), dan Al-Manar Scout Girls (El-Scoutg). Untuk menghilangkan kebosanan santri, koordinator selalu mengadakan kompetisi antar gugus depan (gudep).

Menurut informasi yang kami peroleh, pada Minggu (12/9/2021) mendatang, koordinator kepramukaan mengadakan lomba El-Masco (Al-Manar Scout) Championchip yang dikhususkan bagi santri kelas  satu.

“Tugas kakak kelasnya untuk membimbing adik-adiknya dalam lomba bergengsi ini, yang muda menghormati yang tua, yang tua menyayangi yang muda,”tambah kakak Ikhram.

Lomba yang akan dilaksanakan meliputi bidang kepramukaan, keagamaan, keilmuan, olahraga.

Reporter : Sirajul Bilad, Muhammad Hafiz

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru

Direktur KMI Gontor Sambangi Pesantren Al Manar, Ini Pesannya Untuk Guru Pengabdian

ALMANAR.PONPES.ID – Direktur Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor, K.H. Masyhudi Subari, M.A.mengunjungi Pesantren Modern Al Manar, Kamis, (4/8/2022)....
- Advertisement -spot_img

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini