Pusat Pelayanan:

Membentuk Mental dan Karakter, Santri Al Manar Ikut Perkemahan Saka Wira Kartika

Wajib Baca

Hantarkan Banda Aceh Juara MTQ Ramadhan, 4 Santri Al Manar Dapat Hadiah Umrah

ALMANAR.PONPES.ID – Sukses menghantarkan Kota Banda Aceh menjadi juara umum pada ajang Musabaqah Tunas Ramadan (MTR) XX Gerakan Pramuka Kwartir...

Sambut Harlah 20 Tahun, Pesantren Al Manar Adakan Lomba Desain Logo

ALMANAR.PONPES.ID –  Dalam rangka menyambut harlah ke 20 tahun, Pesantren Modern Al Manar menggelar lomba desain logo dengan total hadiah...

Begini Suasana Buka Puasa Ayyamul Bidh Santri Al Manar

ALMANAR.PONPES.ID – Sabtu, (27/3/2021), seluruh santri dan dewan guru Pesantren Modern Al Manar melaksanakan puasa bersama Ayyamul Bidh.Kegiatan buka puasa...

ALMANAR.PONPES.ID – Guna membentuk mental dan karakter santri, sebanyak 124 santri putra dan putri Madrasah Aliyah Pesantren Modern Al Manar  hari ini mulai mengikuti Perkemahan Saka Wira Kartika yang dilaksanakan oleh Kodam Iskandar Muda yang bekerjasama dengan Kwarda Aceh. Kegiatan ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pesantren Modern Al Manar, Desa Lampermai Kecamatan Krueng Barona Jaya Aceh Besar yang dibuka tadi sore, Senin, (2/11/2020) dan akan berakhir pada hari Kamis, (5/11/2020).

Letkol Kav. Drs. Yusri, M.H, Pabandya Wanwil Sterdam Kodam IM membacakan amanat Pangdam IM

Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Hassanudin SIP, MM dalam amanatnya yang dibacakan oleh Letkol Kav. Drs. Yusri, M.H, Pabandya Wanwil Sterdam Kodam Iskandar Muda mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membentuk generasi muda bangsa Indonesia yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil, dan berjiwa ksatriaan serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan kebhinnekaan tunggal ika dengan semangat bernegara.

Hal ini selaras dengan tema Perkemahan Saka Wira Kartika 2020 ini “ TNI AD Melalui Perkemahan Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Daerah Membentuk Generasi Muda yang Berwawasan Kebangsaan dan Memiliki Semangat Bela Negara”.

Pimpinan Pesantren Modern Al Manar, Tgk. Ikhram M. Amin, M.Pd sedang memberikan sambutan

Pimpinan Pesantren Modern Al Manar, Tgk. Ikhram M. Amin, M.Pd dalam kata sambutannya mengatakan bahwa Pesantren Modern Al Manar sejak berdirinya hingga saat ini sangat eksis dalam kegiatan kepramukaan dengan mewajibkan seluruh santri mengikuti kegiatan tersebut guna membentuk karakter dan mentalitas santri sesuai dengan apa yang tercantum dalam dasa dharma pramuka.  

“Dengan kegiatan pramuka ini dapat membentuk karakter dan mentalitas santri, santri dilatih menjadi pribadi yang disiplin, berkarakter dan punya mental yang kuat” ujarnya.

“Di pramuka harus diingat, ana fatal kassyaf min wajibil is’af ; aku adalah seorang pandu pramuka, Merupakan kewajibanku untuk menolong sesama, as’a bikulli juhdi likhidmatil ‘ibad ;  aku berusaha sekuat tenagaku untuk melayani sesama, akhdumu kulla ahli bilan tizhari muhli ; aku melayani semua saudaraku tanpa mengharapkan tanda jasa, fa khidmatul authani min wajibil insani ; maka melayani tanah air merupakan kewajiban manusia” Tambahnya.

peserta sedang mengikuti upacara pembukaan

Selaku tuan rumah Perkemahan Saka Wira Kartika beliau juga berterima kasih kepada pihak Kodam Iskandar Muda dan Kwarda Aceh yang telah bekerjasama sehingga hadirnya kegiatan perkemahan ini di Pesantren Al Manar. Dan beliau berharap semoga dengan adanya kegiatan perkemahan ini dapat melahirkan kader-kader pembina pramuka yang tangguh penuh kedisiplinan dan kemandirian.

Dan dalam kegiatan pembukaan tersebut turut dihadiri oleh sejumlah muspika Kecamatan Krueng Barona Jaya dan yang menjadi petugas upacara seluruhnya dari santri Al Manar peserta perkemahan mulai dari pembawa acara hingga penutup acara yang ditutup dengan doa yang dibacakan oleh santri, dan selesai acara semua peserta dan pembina pramuka dari Kodam IM dan Kwarda Aceh, Muspika dan pimpinan pesantren melakukan foto bersama.   

tonton videonya :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Hantarkan Banda Aceh Juara MTQ Ramadhan, 4 Santri Al Manar Dapat Hadiah Umrah

ALMANAR.PONPES.ID – Sukses menghantarkan Kota Banda Aceh menjadi juara umum pada ajang Musabaqah Tunas Ramadan (MTR) XX Gerakan Pramuka Kwartir...
- Advertisement -

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini