Pusat Pelayanan:

Mulai Hari Ini, Santri Pesantren Al Manar Ikuti Ujian Tengah Semester

Wajib Baca

Santri Al Manar Raih Juara Satu Cabang Fahmil Quran di Festival PAI

ALMANAR.PONPES.ID – Santri Pesantren Modern Al Manar berhasil meraih juara satu cabang Fahmil Quran pada Festival PAI(Pendidikan Agama Islam) di Universitas...

Santri Pesantren Al Manar Antusias Mengikuti Vaksinasi

ALMANAR.PONPES.ID – Selasa, 28 september 2021, Pesantren Modern Al Manar menggelar vaksinasi covid-19, untuk santri dan dewan guru di aula pesantren...

Santri Akhir Pesantren Al Manar Ikuti Ujian TOEFL dan TOAFL

ALMANAR.PONPES.ID – Bagian Bahasa Pesantren Modern Al Manar mengadakan ujian TOEFL (Test Of English Foregent Language) dan TOAFL (Test Of Arabic...

ALMANAR.PONPES.ID –  Sebagai bentuk evaluasi terhadap hasil kegiatan belajar mengajar santri yang telah berlangsung selama tiga bulan yang lalu, Pesantren Modern Al Manar mulai hari ini menyelenggarakan ulangan umum atau ujian tengah semester (UTS) di setiap tengah semester. Ulangan Umum atau biasa disebut al Muroja’ah al ‘Ammah ini diselenggarakan selama 6 hari dimulai dari Sabtu (24/10/2020) sampai Kamis (29/10/2020).

Ulangan Umum ini diperuntukkan bagi santri kelas 1 Tsanawiyah sampai kelas 5 Aliyah. Adapun untuk santri kelas 6 belajar seperti biasa mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian siswa akhir semester ganjil pada bulan Nopember mendatang.

Selama masa ulangan berlangsung, seluruh kegiatan ekstrakurikuler diberhentikan sementara waktu, agar santri bisa mempersiapkan dirinya dan fokus untuk menghadapi ulangan.

Dengan ulangan umum ini diharapkan para dewan guru bisa mengevaluasi tingkat pemahaman santrinya akan pelajaran. Untuk itu Ulangan Umum dapat dijadikan sebagai tolak ukur atau barometer penting dalam kegiatan belajar mengajar guna mengetahui kemampuan pemahaman santri dalam belajar selama sekitar tiga bulan sejak bulan Juli 2020.

Tidak hanya mengetahui tingkat pemahaman santri dalam belajar, tapi juga sebagai batu loncatan agar lebih semangat dalam belajar mengingat Ujian Semester Ganjil tidak lama lagi akan datang. Dalam hal ini evaluasi diri sendiri setiap santri menjadi sangat krusial untuk penerapan strategi belajar yang cocok untuk dirinya sendiri.

Terutama santri kelas 2 Tsanawiyah yang mana mereka harus menghadapi perbedaan bahasa dalam pelajaran mereka. Karena di kelas 2 Tsanawiyah ini hampir semua pelajaran berbahasa Arab, baik dalam kegiatan pembelajaran maupun dalam penyampaian materi oleh guru, dan berbeda saat mereka masih kelas 1 Tsanawiyah, kegiatan pembelajaran maupun dalam penyampaian materi lebih dominan menggunakan Bahasa Indonesia  .

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Santri Al Manar Raih Juara Satu Cabang Fahmil Quran di Festival PAI

ALMANAR.PONPES.ID – Santri Pesantren Modern Al Manar berhasil meraih juara satu cabang Fahmil Quran pada Festival PAI(Pendidikan Agama Islam) di Universitas...
- Advertisement -

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini