Pusat Pelayanan:

Pesantren Al Manar Salurkan Donasi Sumur Wakaf Aceh untuk Palestina

Wajib Baca

Antisipasi DBD, Petugas Kesehatan Lakukan Fogging di Pesantren Al Manar

ALMANAR.PONPES.ID – Petugas Kesehatan dari Puskemas Krueng Barona Jaya Aceh Besar melakukan Fogging di Pesantren Modern Al Manar, Selasa, (23/2/2021).Fogging...

Kader Pesilat Al Manar Ikuti Evaluasi Latihan Jurus dan Fisik

ALMANAR.PONPES.ID – Sejumlah kader pesilat santri Pesantren Modern Al Manar (Persinar) mengikuti evaluasi latihan berupa jurus dan fisik, Kamis, (4/2/2021)...

Dosen Pengabdian EKP FEB USK Latih Santri Al Manar Produksi Sabun Cuci Piring

ALMANAR.PONPES.ID – Tim Dosen Pengabdian Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Syiah Kuala melatih santri Pesantren Modern...

ALMANAR.PONPES.ID – Pesantren Modern Al Manar turut berpartisipasi dalam menyalurkan donasi untuk mewujudkan pembangunan sumur wakaf pertama orang Aceh untuk Palestina. Adapun total dana sumbangan yang terkumpul sejumlah Rp. 6.650.000, yang dihimpun dari para santri secara sukarela yang kemudian diserahkan oleh pimpinan pesantren, Tgk. Ikhram M. Amin, M.Pd kepada Staff Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh, Ibnu Khaldun yang turut didampingi oleh Nurul Hadi, S.Pd.I,  Staff Tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) pada Selasa, (3/11/2020).

Pimpinan Pesantren Modern Al Manar berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat Palestina yang sedang dilanda krisis air akibat perang berkepanjangan.

Adapun sedekah anak-anak santri Al Manar ini diharapkan menjadi amal jariyah untuk santri sekaligus sebagai pendidikan untuk santri dalam hal saling tolong menolong antar sesama.

Untuk diketahui, Sebanyak 97% air yang saat ini berada di wilayah Gaza, Palestina sudah tercemar zat-zat berbahaya. Selain karena tingginya kadar nitrat dalam air yang tak mampu disaring oleh lapisan akuifer di dalam tanah, polutan beracun juga berasal dari limbah sisa peperangan. Sebagaimana yang diketahui bahwa hingga kini pun perang masih terus berkecamuk di Palestina.

Warga Gaza sangat mengandalkan pasokan air dari truk-truk bantuan yang tidak bisa memenuhi kebutuhan seluruh warga. Sebagian warga juga berusaha membuat penyaring air sederhana, namun tetap tidak mampu mengurangi kadar bahaya dalam air. Akibat mengonsumsi air yang telah tercemar ini, tak jarang warga terpapar berbagai penyakit. Namun, pilihan apalagi yang mereka miliki? Opsi membeli air dari luar Gaza cukup mahal untuk para warga yang tinggal di sebuah kota dengan perekonomian lemah akibat perang.

Pesantren Modern Al Manar mendukung penuh program pembangunan Sumur Wakaf Gaza yang diinisiasi Global Wakaf. Para pembaca atau wali santri juga bisa berkontribusi menghadirkan solusi bagi krisis air bersih yang dialami saudara-saudara kita di Palestina.

Bagi yang ingin berpartisipasi membangun sumur wakaf pertama orang Aceh di Palestina dapat menyalurkan donasinya melalui rekening Bank Aceh Syariah 01001930009312 atau BNI Syariah 1010000137 atas nama Yayasan Global Wakaf. Konfirmasi donasi melalui WhatsApp 082283269008 atau pesan langsung ke instagram @act_aceh.

Adapun dayah-dayah lainnya yang sudah berpartisipasi mewujudkan sumur wakaf pertama orang Aceh di Palestina yakni Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga, Dayah Jeumala Amal Lueng Putu, Dayah Modern Darul Ulum YPUI Banda Aceh, Dayah Almunawwarah Abu Kuta Krueng, Dayah Terpadu Inshafuddin, Dayah Al-Furqan Bambi, Dayah MUQ Pidie, YTI Darussalamah Al-Aziziyah Teupin Raya, Dayah Darussa’adah Tepin Raya, Dayah YPI Ummul Ayman Samalanga, Dayah Putri Muslimat Samalanga, dan Dayah MUQ Pagar Air Aceh Besar. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Antisipasi DBD, Petugas Kesehatan Lakukan Fogging di Pesantren Al Manar

ALMANAR.PONPES.ID – Petugas Kesehatan dari Puskemas Krueng Barona Jaya Aceh Besar melakukan Fogging di Pesantren Modern Al Manar, Selasa, (23/2/2021).Fogging...
- Advertisement -

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini