Pusat Pelayanan:

Pimpinan Pesantren Al Manar : Hari Santri Untuk Membesarkan Hati Santri

Wajib Baca

ALMANAR.PONPES.ID – Pimpinan Pesantren Modern Al Manar, Tgk. Ikhram M. Amin, M.Pd turut mengapresiasi kinerja gotong royong santri dan dewan guru Pesantren Modern Al Manar dalam menyukseskan Upacara Hari Santri Nasional (HSN) Tingkat Provinsi Aceh tahun 2022 di Kampus Pesantren Al-Manar, Gampong Lampermai,  Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Rabu (26/10/2022).

Menurutnya, kerjasama yang solid dewan guru dan santri Al Manar membuahkan hasil yang maksimal untuk menyukseskan hari santri pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh.

Pimpinan Pesantren Rapat Bersama Dinas Pendidikan Dayah Aceh , (10/10/2022)

Pasalnya, penunjukkan Pesantren Al Manar sebagai tuan rumah tergolong durasi yang singkat untuk melakukan berbagai persiapan, tanggal 10 Oktober 2022, pimpinan pesantren di ajak mengikuti rapat internal oleh Dinas Pendidikan Dayah Aceh untuk membahas rapat teknis pelaksanaan hari santri, dan tanggal 11 Oktober setelah dilakukan survei ke beberapa pesantren lain, Pihak Dinas Dayah menunjuk Al Manar sebagai tuan rumah.

Namun, dengan pengalaman Pesantren Modern Al Manar menggelar berbagai kegiatan, baik itu skala besar maupun kecil, Pesantren Modern Al Manar dengan durasi yang singkat berhasil menyukseskan HSN 2022.

Bagi Ust. Ikhram, HSN ini merupakan momen untuk membesarkan hati para santri, upaya untuk menumbuhkan kebanggaan menjadi santri, namun menurutnya, kebanggaan menjadi santri tidak boleh sekedar rasa bangga saja, tapi harus diaktualisasikan dengan belajar yang giat untuk mengikuti para pendahulu yang telah berjuang dengan segala raga untuk mempertahankan NKRI.

Lebih dari itu, santri juga tidak boleh menjadi identitas kesuku-sukuan yang statis, menjadi kelompok eksklusif yang hanya berpikir untuk diri sendiri saja. Santri tidak boleh hanya menjadi kelompok yang menuntut, tetapi santri harus menjadi kader-kader yang dinamis yang terus bergerak, melayani, mempersembahkan yang terbaik untuk bangsa dan negara yang kita cintai ini.

Sebagai tuan rumah HSN 2022 Provinsi Aceh, kepercayaan yang diberikan oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh kepada Pesantren Al Manar ini merupakan pendidikan non formal untuk santri, santri belajar menyukseskan kegiatan skala provinsi.

“HSN 2022 ini menjadi ladang pendidikan untuk santri untuk menggelar kegiatan skala besar, kemudian santri juga dilatih, MCnya, protokoler kegiatan, paskibrakanya, yang dilatih langsung oleh tenaga ahli di bidang masing-masing dari pemerintah Aceh, ini merupakan pendidikan yang sangat berharga untuk santri” tutupnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru

Pesantren Al Manar Mulai Buka Pendaftaran Santri Baru, Ini Infonya

ALMANAR.PONPES.ID – Pesantren Modern Al Manar mulai kemarin, 7 Januari 2023 mulai membuka pendaftaran santri baru. Pendaftaran dibuka hingga 18...
- Advertisement -spot_img

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini