Pusat Pelayanan:

Puslitbang Kwarda Aceh Teliti Minat Pramuka Santri Al Manar

Wajib Baca

Besok, MTQ Ke-I Antar Konsulat Santri Pesantren Al Manar Mulai Digelar

ALMANAR.PONPES.ID – Sukses menghantarkan Kota Banda Aceh menjadi juara umum pada ajang Musabaqah Tunas Ramadan (MTR) XX Gerakan Pramuka Kwartir...

Santri Al Manar : Ustadz Fadhil Ahmadi, Guru Yang Murah Senyum

Pesan beliau yang sangat membekas bagi kami, beliau pernah menasehati kami, dan mengatakan “Sebesar apapun kesibukan kalian, jangan pernah lalaikan shalat kalian” dan satu lagi “Kamu adalah anak macan yang nantinya akan menjadi pembela umat,jangan pernah merendahkan diri dengan hal-hal yang tidak berkaitan dengan umat”.

Obituari : Ust. Fadhil Ahmadi, Guru Yang Tak Pernah Lelah

Beliau selalu berusaha menghadirkan jiwa raga beliau untuk Al Manar, beliau selalu menempatkan kepentingan umat diatas kepentingan pribadi. Hari-hari beliau lebih banyak dihabiskan di pesantren dari pada di rumah sendiri, di Cot Mentiwan.

ALMANAR.PONPES.ID –  Sebanyak 35 Santri Pesantren Modern Al Manar menjadi objek penelitian minat santri pesantren terhadap Gerakan Pramuka di Aceh oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Gerakan Pramuka Kwarda Aceh yang berlangsung di Aula Gedung Serbaguna, Sabtu Siang, (24/10/2020)

Tim Penelitian Pusat Penelitian dan Pengembangan Daerah (PUSLITBANGDA) Gerakan Pramuka Kwarda Aceh, Kak Desi Susilawati diterima langsung oleh Pimpinan Pesantren sebagai Kamabigus 15-005 . 15-006 Pesantren Modern Al Manar, Tgk. Ikhram M. Amin M.Pd turut didampingi oleh Pembina Pramuka Gugus Depan 15-005 . 15-006, Ust. Fadhlun Akbar, S.H.I.

Pengambilan sample santri Pesantren Modern Al Manar oleh Puslitbangda Kwarda Aceh tidak terlepas dari keaktifan kegiatan kepramukan yang selama ini diminati oleh santri. Santri Pesantren Modern Al Manar salah satu pesantren di Aceh yang tergolong sangat aktif di bidang kepramukaan.

Kak Desi Susilawati, Tim Puslitbang Kwarda Aceh sedang menjelaskan tentang tujuan penelitian

Kegiatan ekstrakurikuler wajib ini tidak hanya rutin berlatih setiap Minggu siang oleh seluruh santri, tapi santri Al Manar juga kerap menjuarai berbagai perlombaan pramuka antar pesantren.

Selain itu, Pesantren Modern Al Manar juga pernah terpilih mewakili Aceh mengirim utusan ke beberapa kegiatan jambore daerah maupun nasional, khususnya Perkemahan Pramuka Santri Nasional ( PPSN). Bahkan baru-baru ini, salah satu santriwati Al Manar, Sarah Syakirah juga terpilih menjadi salah satu peserta Jambore Asia Pasifik di Bangladesh dan India pada 2021 mendatang.

Pesantren Modern Al Manar sejak pendiriannya hingga sekarang, kegiatan kepramukaan merupakan salah satu kegiatan andalan yang paling banyak diminati oleh santri. Hal ini juga tidak terlepas dari minat para dewan guru pengurus terhadap kegiatan kepanduan diperkenalkan oleh H. Agus Salim ini, untuk melatih jiwa dan karakter santri. We are scout but we are moslem, salah motto yang selalu digaungkan dan menjadi pemicu semangat dalam dunia kepramukaan pesantren.  

Pembina Pramuka Pesantren Modern Al Manar, Kak Fadhlun Akbar sedang memberi kata sambutan

Selain kegiatan harian, Pesantren Modern Al Manar juga kerap melaksanakan kegiatan Lomba Tingkat 1 setiap tahunnya, juga sebagai salah satu kegiatan refreshing bagi santri setelah bergelut dengan kegiatan pesantren lainnya, karena kegiatan LT 1 ini biasanya dilaksanakan di luar pesantren. Selain itu, kegiatan bulanan seperti Cross Country juga kegiatan yang sangat menyenangkan bagi santri, dan sedangkan kegiatan yang bersifat mendidik karakter santri khususnya kakak pembina pramuka santri, Pesantren Al Manar juga melaksanakan kegiatan Kursus Instruktur Muda (KIM) setiap tahunnya yang berkerjasama dengan Kwartir Cabang Aceh Besar.

Aktifnya peran Pesantren Modern Al Manar terhadap dunia kepramukaan di Aceh juga menjadi salah satu pelopor adanya kegiatan Lomba Pramuka Penggalang Penegak (LP3) di Aceh yang saat ini dimotori oleh Gerakan Pramuka Pesantren Aceh (GPP),  rutin dilaksanakan setiap tahunnya sebagai wadah silaturahmi pesantren di Aceh melalui kegiatan kepramukaan.

Tampak santri Al Manar sedang serius mengikuti penelitian oleh Kawarda Aceh

Disadur dari situs bidikkabar.com bahwa kegiatan dilakukan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Daerah (PUSLITBANGDA) Gerakan Pramuka Kwarda Aceh hari ini di Pesantren Modern Al Manar, sudah berlangsung mulai 23 Oktober hingga 6 November 2020 mendatang,  yang  dilepas oleh Ketua Kwarda Aceh H. Muzakir Manaf pada Jumat,23 Oktober 2020 yang lalu di Banda Aceh.

Ketua Kwarda Aceh, H Muzakir Manaf melalui Ketua Harian Ir H Djufri Efendi MSi selaku pengarah Penelitian mengatakan, “Tim Peneliti dari Puslitbang Kwarda Aceh, mengambil sampel dari sejumlah Pondok Pesantren di Kabupaten / Kota yang ada di Aceh di kota Subulussalam, Kota Langsa, Bener Meriah, Pidi Jaya, Aceh Besar, Banda Aceh, Aceh Barat, Aceh Barat Daya ” 

Lanjutnya, “Penelitian ini berguna bagi pengembangan kegiatan Pramuka di Aceh, terutama bagi Gugus Depan yang ada Pondok Pesantren”

Pembina Pramuka Pesantren Modern Al Manar

Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Gerakan Pramuka Kwarda Aceh, merupakan satuan pelaksana dari kwartir yang berfungsi dalam pelaksanaan program penelitian dan pengembangan kepramukaan serta sumber daya Gerakan Pramuka, di Aceh.

Puslitbang Kwarda menjabarkan program kwartir bidang penelitian dan pengembangan, mengidentifikasi program yang perlu dilakukan penelitian dan pengembangan, menyusun program penelitian dan pengembangan kepramukaan, melaksanakan program penelitian dan pengembangan untuk dijadikan dasar penyusunan kebijakan kwartir, memberikan rekomendasi berdasarkan hasil penelitian untuk dijadikan pertimbangan sebagai acuan terhadap kebijakan kwartir.  

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Besok, MTQ Ke-I Antar Konsulat Santri Pesantren Al Manar Mulai Digelar

ALMANAR.PONPES.ID – Sukses menghantarkan Kota Banda Aceh menjadi juara umum pada ajang Musabaqah Tunas Ramadan (MTR) XX Gerakan Pramuka Kwartir...
- Advertisement -

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini