Pusat Pelayanan:

Santri Al Manar Laksanakan Puasa Asyura

Wajib Baca

Besok, MTQ Ke-I Antar Konsulat Santri Pesantren Al Manar Mulai Digelar

ALMANAR.PONPES.ID – Sukses menghantarkan Kota Banda Aceh menjadi juara umum pada ajang Musabaqah Tunas Ramadan (MTR) XX Gerakan Pramuka Kwartir...

Santri Al Manar : Ustadz Fadhil Ahmadi, Guru Yang Murah Senyum

Pesan beliau yang sangat membekas bagi kami, beliau pernah menasehati kami, dan mengatakan “Sebesar apapun kesibukan kalian, jangan pernah lalaikan shalat kalian” dan satu lagi “Kamu adalah anak macan yang nantinya akan menjadi pembela umat,jangan pernah merendahkan diri dengan hal-hal yang tidak berkaitan dengan umat”.

Obituari : Ust. Fadhil Ahmadi, Guru Yang Tak Pernah Lelah

Beliau selalu berusaha menghadirkan jiwa raga beliau untuk Al Manar, beliau selalu menempatkan kepentingan umat diatas kepentingan pribadi. Hari-hari beliau lebih banyak dihabiskan di pesantren dari pada di rumah sendiri, di Cot Mentiwan.

ALMANAR.PONPES.ID – Hari ini, Kamis, (19/8/2021) atau bertepatan dengan 10 Muharram 1443 H, seluruh santri dan dewan guru Pesantren Modern Al Manar melaksanakan puasa sunnah Asyura.

Seluruh kegiatan latihan persiapan pekan khutbatul ‘arsy (PKA) turut diliburkan untuk menjaga stamina santri sedang berpuasa.

Bagian ta’mir mesjid, bagian yang bertanggung jawab terhadap kegiatan ubudiyah santri turut menyediakan minuman dan snack untuk santri dan dewan guru untuk berbuka puasa.

Suasana tampak khidmat saat seluruh santri mulai antri minuman dan snack jelang waktu berbuka puasa tiba. Santri dan dewan guru melebur dan menyatu saat waktu berbuka puasa secara bersama.

Menurut Ust. Masykur Rahmat, Bagian Ta’mir Mesjid Pesantren Modern Al Manar bahwa kegiatan puasa sunnah seperti ini rutin dilaksanakan setiap tahun, termasuk puasa sunnah lainnya seperti puasa sunnah Ayyamul Bidh.

Selain bertujuan untuk meningkatkan nilai spiritual santri, kegiatan puasa ini juga sebagai pendidikan untuk santri melalui approach to practicing, bukan hanya sekedar mengetahui adanya puasa sunnah asyura, tapi juga mengamalkannya.

Tonton videonya :

Tentang Puasa Asyura

Puasa Asyura adalah puasa sunah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Puasa Asyura dilakukan pada setiap tanggal 10 Muharram. Tahun ini, puasa Asyura bertepatan dengan Kamis, 19 Agustus 2020. Berikut lima keutamaan puasa Asyura termasuk menghapus dosa setahun yang lalu.
Hukum puasa Asyura adalah sunah yang artinya berpahala dan mendapatkan banyak keutamaan dari Allah SWT jika dilakukan.

Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Islam untuk melakukan puasa Asyura. Puasa Asyura sudah dilakukan sebelum puasa Ramadan diwajibkan.

Rasulullah memerintahkan umat Islam melakukan puasa Asyura sebelum hijrah ke Madinah. Sedangkan, perintah puasa Ramadan turun pada tahun kedua setelah hijrah ke Madinah. Setelah itu, puasa Asyura disunahkan.

Puasa Asyura juga sudah dilakukan sejak masa Nabi Musa AS sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena menyelamatkan Bani Israil dari Firaun.

Keutamaan Puasa Asyura

Berikut 5 keutamaan puasa Asyura:

1. Menghapus dosa setahun yang lalu

Hadis riwayat Imam Muslim menyebut puasa Asyura dapat menghapus dosa setahun yang lalu.

“Nabi SAW ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah. Beliau menjawab, puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura. Beliau menjawab, puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu,” hadis riwayat Imam Muslim.

2. Puasa yang utama
Puasa yang dilakukan di bulan Muharram, termasuk Asyura dan Tasua adalah puasa yang paling utama setelah puasa di bulan Ramadan.

“Seutama-utama salat setelah salat wajib adalah salat pada sepertiga akhir malam, dan seutama-utama puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Muharam,” hadis riwayat Imam Muslim.

3. Menjalani sunah Rasul
Melakukan puasa Asyura sama halnya dengan menjalani sunah Rasul. Allah SWT sangat mencintai hamba yang meniru perilaku Nabi Muhammad SAW.

4. Mendekatkan diri pada Allah
Berpuasa juga menambah ketaatan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Allah menjanjikan orang yang senang berpuasa mendapatkan tempat terbaik di surga.

5. Pahala yang besar di sisi Allah
Allah SWT juga menjanjikan pahala yang besar bagi umat Islam yang rajin berpuasa.

Itulah keutamaan puasa Asyura pada 10 Muharram. Tata cara puasa Asyura sama seperti puasa sunah lainnya yakni dimulai dengan niat dan menahan hawa nafsu dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Artikel Terbaru

Besok, MTQ Ke-I Antar Konsulat Santri Pesantren Al Manar Mulai Digelar

ALMANAR.PONPES.ID – Sukses menghantarkan Kota Banda Aceh menjadi juara umum pada ajang Musabaqah Tunas Ramadan (MTR) XX Gerakan Pramuka Kwartir...
- Advertisement -

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini