Syarat Pendaftaran

 

 

 

 

 

PENDAFTARAN SANTRI BARU SUDAH DITUTUP


SYARAT PENDAFTARAN SECARA UMUM

  • Menerima calon santri tingkat Tsanawiyah (Lulusan SD/MI/Sederajat).
  • Menerima Santri Lanjutan Aliyah (Mulai Kelas Satu Aliyah) Lulusan Pesantren Modern/yang setara kurikulum dengan Pesantren Modern Al Manar (Kurikulum Gontor, Dayah Aceh, Nasional).
  • Memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) atau Surat Keterangan Telah Mengikuti Ujian Nasional SD/MI.
  • Mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan mampu menulis tulisan Arab.
  • Berbadan sehat dengan melampirkan Surat Keterangan Sehat dari Dokter.
  • Sanggup memenuhi segala ketentuan dan siap bertempat tinggal di asrama/kampus yang berdisiplin dengan fasilitas yang tersedia.

SYARAT PENERIMAAN SANTRI YATIM (BEASISWA)

  • Menerima Santri Yatim (Miskin) Berprestasi yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah dan Rapor (Masuk 10 Besar).
  • Pihak yayasan pesantren hanya menyantuni calon santri yatim untuk tingkat Tsanawiyah (Lulusan SD/MI/Sederajat).
  • Santri Yatim hanya dibuka pendaftaran pada Gelombang Pertama dimulai dari tanggal 6 Januari 2018 s/d 31 Januari 2018.
  • Sebelum mengikuti ujian tulis, calon santri yatim terlebih dahulu mengikuti ujian lisan (psikotes) dan seleksi berkas.
  • Jika dinyatakan lulus ujian psikotes dan memenuhi syarat mendapatkan beasiswa maka dilanjutkan dengan mengikuti ujian tulis.
  • Ujian Psikotes santri yatim dilaksanakan pada tanggal 4 Februari 2018 mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai diantar oleh orang tua/wali.
  • Adapun syarat administrasi yang harus dilengkapi dapat dilihat pada poin syarat pendaftaran administrasi dibawah ini.
  • Jika ada calon santri yatim yang mampu secara finansial, diperbolehkan mendaftar melalui jalur santri umum.

SYARAT PENDAFTARAN ADMINISTRASI

  1. SANTRI UMUM
  • Membayar biaya administrasi sebesar Rp.200.000,-
  • Mengisi Formulir Pendaftaran calon santri Pesantren Modern Al-Manar dengan melampirkan :
  1. Foto Copy Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) atau Surat Keterangan Telah Mengikuti Ujian Nasional SD/MI yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar, (Jika belum mengikuti ujian, lampirkan Surat Keterangan Aktif Belajar Asli 1 lembar).
  2. Pas Photo Warna (Layar Biru) 3×4 sebanyak 5 lembar dan ukuran 2×3 sebanyak 5 lembar (Tulis Nama dibelakang Foto).
  3. Foto Copy Kartu NISN (Kartu Nomor Induk Siswa Nasional), KK (Kartu Keluarga) dan Akte Kelahiran masing-masing sebanyak 2 lembar.
  4. Surat Keterangan Sehat dari Dokter (Asli).
  5. Lampirkan Sertifikat Penghargaan/Prestasi Akademik/Non Akademik (Jika Ada)
  6. Batas pengembalian berkas pada tanggal 8 Februari 2018 untuk Gelombang Pertama dan tanggal 4 April 2018 untuk Gelombang Kedua.

     2. SANTRI YATIM (CLOSED, SUDAH DITUTUP PENDAFTARAN)

  • Membayar biaya administrasi sebesar Rp.50.000,-
  • Mengisi Formulir Pendaftaran calon santri Pesantren Modern Al-Manar dengan melampirkan :
  1. Foto Copy Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) atau Surat Keterangan Telah Mengikuti Ujian Nasional SD/MI yang telah dilegalisir sebanyak 2 lembar, (Jika belum mengikuti ujian, lampirkan Surat Keterangan Aktif Belajar Asli 1 lembar).
  2. Pas Photo Warna (Layar Biru) 3×4 sebanyak 5 lembar dan ukuran 2×3 sebanyak 5 lembar (Tulis Nama dibelakang Foto).
  3. Foto Copy Kartu NISN (Kartu Nomor Induk Siswa Nasional), KK (Kartu Keluarga) dan Akte Kelahiran masing-masing sebanyak 2 lembar.
  4. Surat Keterangan Sehat dari Dokter (Asli).
  5. Lampirkan Sertifikat Penghargaan/Prestasi Akademik/Non Akademik (Jika Ada)
  6. Surat Keterangan Yatim Miskin dari Kepala Desa.
  7. Foto Copy Rapor SD/MI Terlegalisir kelas IV, V, VI.
  8. Batas pengembalian berkas pada tanggal 1 Februari 2018

Note. Semua berkas kami minta dalam bentuk foto copy, kecuali beberapa surat yang kami minta dalam bentuk asli. Dan berkas yang sudah diserahkan kepada panitia tidak dapat dikembalikan lagi, meskipun calon santri ybs tidak lulus nantinya.

PENDAFTARAN ONLINE

  • Pendaftaran dapat di akses di Official Website Al Manar almanar.ponpes.id
  • Melakukan Registrasi Online disini dan mendownload Formulir Pendaftaran disini.
  • Menkonfirmasi via SMS/WA ke Nomor 0852 9619 0093 dengan Format : Daftar Online [spasi] Nama Calon Santri. Contoh : Daftar Online | Muhammad Akbar
  • Panitia akan mengirim Kode Reg untuk pembayaran formulir yang WAJIB diisi pada berita transfer. Contoh Kode Reg : PSB110
  • Melakukan pembayaran ke Bank Syariah Mandiri No. Rek. 7073532692 an. Syafrizal dengan memasukkan Berita Transfer yang sudah dikirim oleh Panitia.
  • Konfirmasi Pembayaran dengan mengirim bukti transfer / invoice ke WA 0852 9619 0093 jika tak dapat mengirim Bukti Transfer, kirim SMS dengan format : Bayar [Spasi] Kode Reg dan Bukti Transfer tersebut disimpan (Jangan Hilang) untuk diserahkan kepada Panitia pada saat pengembalian berkas.
  • Formulir pendafaftaran yang sudah didownload dapat di ketik atau di tulis manual.
  • Lengkapi semua lampiran berkas seperti yang sudah dicantumkan di point Syarat Pendaftaran Administrasi dan diserahkan kepada panitia pada saat pengembalian berkas.

        JADWAL PENDAFTARAN

GELOMBANG PERTAMA

  1. Pendaftaran gelombang pertama dimulai dari tanggal 6 Januari 2018 s/d 7 Februari 2018 dan dibuka dari jam 09.00 WIB s/d 17.00 WIB.
  2. Ujian Seleksi masuk gelombang pertama pada tanggal 11 Februari 2018.
  3. Pengumuman hasil seleksi ujian gelombang pertama pada tanggal 14 Februari 2018.
  4. Pendaftaran Ulang pada tanggal 15 s/d 18 Februari 2018.
  5. Tempat pendaftaran di kantor sekretariat Panitia Penerimaan Santri Baru Pesantren Modern Al-Manar.

GELOMBANG KEDUA

  1. Pendaftaran gelombang kedua dimulai dari tanggal 22 Februari 2018 s/d 3 April 2018 dan dibuka dari jam 09.00 WIB s/d 17.00 WIB.
  2. Ujian Seleksi masuk gelombang kedua pada tanggal 8 April 2018.
  3. Pengumuman hasil seleksi ujian gelombang kedua pada tanggal 11 April 2018.
  4. Pendaftaran Ulang pada tanggal 12 s/d 15 April 2018.

TES MASUK DAN MATERI

Tingkat Tsanawiyah

Ujian Tulis dilaksanakan pada jam 07.30 WIB s/d 10.00 WIB dengan materi:

  • Pengetahuan Agama.
  • Pengetahuan Umum (IPA, IPS, Matematika),
  • Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris.

Psikotes/Wawancara dilaksanakan pada jam 11.00 WIB s/d selesai, dengan materi:

  • Membaca Al-Qur’an dan Tajwid.
  • Praktek ibadah sehari-hari.
  • Kemampuan menulis Arab (Imla’).
  • Kemampuan Psikimotorik.

Tingkat Aliyah

Ujian Tulis dilaksanakan pada jam 07.30 WIB s/d 10.00 WIB dengan materi:

  • Mengarang dalam Bahasa Arab dan Inggris (Insya’ & Composition).
  • Tamrinat & Exercises

Psikotes/Wawancara dilaksanakan pada jam 11.00 WIB s/d selesai, dengan materi:

  • Membaca Al-Qur’an dan Tajwid.
  • Praktek ibadah sehari-hari.
  • Muhadatsah/Conversation (Arab/Inggris).
  • Kemampuan Psikimotorik.

CATATAN.

  • Bagi calon santri baru yang berada diluar Kabupaten Aceh Besar dan Banda Aceh diperbolehkan untuk tidak mengembalikan berkas pada tanggal yang telah ditentukan, dengan catatan WAJIB mengirim berkas tersebut vial email panitia ppsb.almanar@gmail.com.
  • Berkas administrasi pendaftaran tersebut di scan dalam bentuk PDF dan kemudian dikirim ke email dengan Subject : Nama Calon Santri [spasi] kode reg. 
  • Untuk mempermudah administrasi, panitia menyediakan contoh surat sebagai kelengkapan administrasi pendaftaran, file contoh surat tersebut dapat di download di page Downloads.

KONTAK PANITIA

No. HP/Call/WA :

  • Ust. Syafrizal Elselatany, S.Pd +62 852 9619 0093
  • Usth. Nabila Umami Octariyadi +62 823 1271 1233
  • Usth. Wenny Herliana, S.Si +62 823 6121 3892
  • Ust. Nurul Fahmi, S.Pd.I +62 812 8230 9596
  • Ust. Safrijal Ahmad +62 853 7238 6895

Email : ppsb.almanar@gmail.com