Pusat Pelayanan:

Ust. Dr. Zulkhairi : Penguji Harus Mampu Menciptakan Wibawa Ujian

Wajib Baca

ALMANAR.PONPES.ID – Pelaksanaan ujian semester di pesantren merupakan kegiatan penting sebuah lembaga pendidikan dalam mengevaluasi hasil pembelajaran santri selama satu semester. Menjelang kegiatan penting tersebut berbagai langkah dilakukan, memberikan motivasi kepada santri serta memberi arahan kepada dewan guru, khususnya kepada guru penguji, agar menguji dengan cara yang benar dan serius.

Selasa, (31/5/2022) , Bagian Pengajaran Pesantren Modern Al Manar mengadakan pembekalan kepada seluruh penguji ujian lisan yang akan berlangsung mulai Sabtu, 4 Mei 2022 mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Ust. Dr. Zulkhairi Sofyan menghimbau kepada seluruh penguji agar mampu menciptakan wibawa ujian di kalangan santri, dengan persiapan yang matang, mempersiapkan i’dad (materi ujian) dan kemudian diserahkan kepada guru supervisi masing-masing yang telah ditentukan untuk diperiksa dan dievaluasi.

Sementara itu, Ust. Awaluddin, M.Pd, Koordinator Bagian Pengajaran Pesantren Modern Al Manar juga mengingatkan para penguji agar berlaku adil dalam mengajukan pertanyaan kepada seluruh santri, dan penguji harus disiplin datang tepat waktu ke ruangan ujian.

Menurut beliau, setiap santri mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, maka penguji diharapkan agar benar-benar mempelajari cara menguji, adil dalam menguji dengan durasi setiap santri sama, tidak membeda-bedakan antar santri, agar santri tidak merasa down setelah keluar dari ruang ujian.

Di akhir arahannya, beliau juga mengingatkan bahwa peran penting seorang penguji bukan saja menanyakan soal ujian, tapi lebih dari itu, juga menjadi motivator dengan memberi nasehat dan arahan kepada santri tersebut setelah semua pertanyaan selesai ditanyakan, sehingga santri mendapatkan setruman semangat untuk lebih giat lagi dalam belajar setelah mendapatkan evaluasi dari penguji ujian lisan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru

Wakili Aceh Besar, Pimpinan Pesantren Lepas 8 Atlet Santri Al Manar Ke Pora Pidie

ALMANAR.PONPES.ID – Pimpinan Pesantren Modern Al Manar, Tgk. Ikhram M. Amin, M.Pd melepas keberangkatan kontingen atlet santri Pesantren Modern Al...
- Advertisement -spot_img

Lebih Banyak Artikel Seperti Ini